12 Oktober 2017

Tips Terbaik Hari Ini,Cara Mendeteksi Serangan Virus Atau Malware Pada Smartphone Android

SHARE
ciri atau tanda smartphone android terkena virus atau malware

Detect A Virus On Your Android - Pengguna handphone android di dunia saat ini menguasai sekitar 65 % pangsa pasar global dengan jumlah pengguna sekitar lebih dari 1 milyar.

Sistem operasi mobile smartphone berbasis android paling banyak di gunakan di dunia dan bahkan mungkin termasuk anda sebagai pengguna aktif smartphone berbasis android.

Android secara keseluruhan menganut sistem lebih terbuka (open source) di bandingkan para pesaingnya,sebut saja misalnya pada sistem operasi IOS Apple.

Kemampuan OS Android dalam hal mendownload secara langsung dari internet membuat smartphone maupun tablet android lebih mudah dan rentan tehadap virus maupun malware.

Note :
Data Akun Instagram Artis Yang Di Bobol Hacker Mulai Marak Terjadi


Serentetan kejadian baru-baru ini di buktikan dengan munculnya virus trojan yang di sebabkan oleh berbagai serangan hacker yang secara terus menerus mengubah taktik dan strateginya guna mengelabui para pengguna smartphone berbasis android agar menginstal malware yang secara senghaja mereka sebarkan.

Munculnya berbagai serangan virus atau malware pada smartphone android yang kita gunakan,terkadang menjadi sebuah dilema.Seperti memakan buah simalakama,di balik fitur canggihnya ternyata android bisa menjadi sebuah momok yang menakutkan para penggunanya.

Berbagai cara pun di lakukan para pengguna android untuk mencegah munculnya malware pada smartphone mereka,salah satunya dengan melakukan Download Aplikasi Anti Virus Android.

Sebelum bencana serangan virus atau malware menyerang smartphone android kesayangan anda,ada baiknya anda mengetahui ciri atau tanda handphone android yang terserang virus atau malware sebagai pedoman anda untuk menangkal atau menghapus virus yang merusak smartphone android yang anda gunakan.

Berikut Cara Cek atau Mendeteksi Smartphone Android Yang Terkena Gejala Serangan Virus atau Malware :


# Meningkatnya Lonjakan Penggunaan Kuota Data Anda

Pertama-taman anda harus memeriksa pemakaian kuota data bulanan yang anda gunakan.Apabila terjadi peningkatan atau lonjakan pemakaian kuota data di bandingkan bulan-bulan sebelumnya,padahal anda sudah melakukan antisifasi atau pengiritan dalam pemakaian kuota data,besar kemungkinan smartphone android anda sudah terinfeksi virus atau malware.

Kenapa hal itu bisa terjadi ?

Ponsel android yang sudah terinfeksi misalnya adware,biasanya secara otomatis dan tanpa anda sadari akan melakukan klik di latar belakang layar handphone android anda untuk menghasilkan keuntungan bagi para hacker atau penjahat dunia maya.Taktik yang di lakukan secara diam-diam tanpa anda ketahui menimbulkan pemborosan atau menghabiskan bandwidth dan kuota data secara terselubung dan tanpa ada menyadarinya


# Pengeluaran Biaya Yang Tidak Jelas

Apabila smartphone android anda sudah terinfeksi malware,biasanya muncul tagihan atau pengeluaran biaya pada ponsel anda,akan tetapi anda merasa tidak melakukan hal-hal tersebut,Misalnya tagihan atau pengeluaran biaya tarif SMS.

Dampak adanya malware di ponsel anda secara otomatis ponsel melakukan pengiriman pesan teks ke salah satu nomor dengan tingkat premium dan di kenakan biaya tagihan atau akan memotong saldo pulsa yang anda miliki.


# Munculnya Iklan atau Penayangan Pop Up Secara Tiba-Tiba

Ketika muncul atau anda mendapatkan sebuah iklan pop up yang membuat anda merasa terganggu,peringatan atau pemberitahuan yang tidak di inginkan,atau mungkin juga munculnya peringatan sistem yang tidak anda harapkan secara terus menerus dan tidak hilang,kemungkinan perangkat android anda sudah mulai di susupi malware.Selain itu,perangkat lunak perusak juga bisa membuat  atau menambahkan bookmark yang tidak anda inginkan,sebuah pintasan web ke layar awal (home) smartphone android anda yang tidak anda buat dan munculnya berbagai pesan berisi spam yang menyuruh anda untuk melakukan sebuah klik pada ponsel.

Selain dapat mengurangi atau memperlambat kinerja ponsel,hal itu juga secara otomatis menguras kuota data seluler smartphone android anda.Peringatan dan pemberitahuan yang membuat anda merasa terganggu tersebut,dapat juga menginstal lebih banyak malware atau virus jahat di handphone anda.


# Adanya Aplikasi Siluman Yang Tidak Di Inginkan

Cek dan telusuri aplikasi yang tertanam di ponsel anda,apakah ada aplikasi yang tidak anda kenal atau anda tidak merasa melakukan unduh atau download.

Virus atau Trojan Malware dan Adware di kenal dapat melakukan tindakan unduhan atau download secara otomatis aplikasi berbahaya tanpa ada ketahui atau anda sadari.Para penjahat dunia maya selalu mencoba meniru dan melakukan kloning aplikasi resmi dengan tujuan menipu para pengguna smartphone agar memasangnya di smartphone mereka akan tetapi tidak mengaktifkanya melalui perangkat lunak perusak atau pembaruan aplikasi secara otomatis.

Note :
Fitur Terbaru Sensor Wajah Di Iphone 8



# Menguras Penggunaan Baterai Ponsel

Seperti yang kita bayangkan,semua aktifitas yang terjadi di latar belakang layar ponsel yang tidak kita inginkan,tidak hanya menguras pemakaian kuota data ponsel,bahkan yang terjadi ikut menguras pemakaian baterai ponsel dan mengakibatkan berkurangnya masa pakai baterai ponsel anda.

Virus atau malware yang menguras baterai ponsel kemungkinan di samarkan dan terdapat pada aplikasi pihak ketiga.Apabila anda mulai melihat gejala atau tanda pengurangan secara drastis pada masa pakai baterai ponsel anda atau mungkin timbunya pemanasan atau overheat pada ponsel padahal ponsel tersebut tidak anda pergunakan,waspadalah,karena kemungkinan virus atau malware mulai menyerang ponsel android yang anda gunakan.


Sumber : Komando

SHARE

Author: verified_user

1 komentar: